MENGINTIP PROFESI PEMBUAT SOFTWARE

MENGINTIP PROFESI PEMBUAT SOFTWARE

Di dunia TI, ada yang namanya perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat lunak alias program atau aplikasi juga mempunyai “tukang”. Nah, profesi tukang yang kerjaannya bikin program ini dikenal sebagai Programmer.
Di iklan lowongan kerja, istilah “programmer” bisa jadi berganti nama menjadi software developer, software engineer, atau application developer— terserah saja si perusahaan mau menyebutnya apa. Yang pastinya sama adalah pekerjaannya, yaitu membuat program aplikasi alias software.

Umumnya, programmer adalah orang yang punya latar belakang TI alias lulus dari jurusan Teknik Informatika. Tapi pada prakteknya sih enggak selalu begini, karena tidak sedikit pula programmer, yang berasal dari jurusan Matematika, IPA, atau bahkan Ekonomi Akuntansi.

Anggap Batu Loncatan 

Pilihan kerja bagi seorang programmer ada dua: kerja di perusahaan TI atau di perusahaan non-TI. Jika memilih untuk bekerja di perusahaan TI, maka pilihan yang tepat adalah perusahaan yang produknya berupa software. Ada banyak lho perusahaan lokal di Indonesia yang merupakan software development company, sebut saja BaliCamp, Mitra Is, Intimedia, Plasmedia, Jatis, dan CPSSoft. Sedangkan perusahaan luar negeri yang merupakan software company antara lain adalah Microsoft, SAP, Oracle, dan JD Edwards.

Besar-kecilnya gaji yang diperoleh seorang programmer tergantung pada banyak hal: pengalaman, keahlian, sertifikasi yang dimiliki, perusahaan (lokal atau luar), serta kemampuan kamu untuk bernegosiasi. Pengalaman memang guru yang terbaik. Jika kamu telah menyandang pengalaman 3 hingga 4 tahun sebagai programmer, gaji yang bisa kamu gaet tentunya akan lebih besar ketimbang fresh graduate.

Pengalaman berbanding lurus dengan keahlian. Semakin banyak pengalaman kamu, tentunya (diharapkan) kamu juga semakin ahli. Kasus dan masalah yang muncul akan mengasah kemampuan kamu dengan sendirinya. Untuk programmer pemula, tawaran bekerja dari perusahaan manapun sebaiknya diambil saja—entah itu perusahaan lokal maupun perusahaan multinasional. Anggap saja sebagai batu loncatan untuk karier selanjutnya yang lebih baik.

Kalau sudah berpengalaman, kamu kemudian bisa pilih-pilih— tentu saja ambillah tawaran yang terbaik. Menurut penelitian, perusahaan multinasional menawarkan kompensasi yang lebih baik, apalagi jika kamu memiliki sertifikasi internasional. Jangan lupa, pintar-pintarlah membawa diri saat wawancara kerja, terutama saat melakukan negosiasi. Semakin baik kamu menjual diri, semakin besar kesempatan untuk diterima.

Kuasai Bahasa Pemrograman 

Keahlian apa saja yang harus dimiliki oleh seorang programmer? Kemampuan mendasar yang wajib dikuasai adalah bahasa pemrograman seperti bahasa C, C++, C#, Java, Delphi, dan Visual Basic .NET. Bahasa C dan C++ merupakan bahasa yang banyak digunakan untuk membuat aplikasi dan digunakan oleh hampir semua platform, seperti UNIX, Linux, Windows, bahkan pada mainframe atau mini komputer.

Bahasa C# merupakan varian terbaru dari bahasa C yang mendukung pemrograman berorientasi objek. Saat ini, sudah ada bahasa Delphi yang merupakan turunan dari bahasa Pascal dan telah mendukung pemrograman visual dan berorientasi objek. Jika kamu banyak membuat program yang berjalan di atas sistem operasi Windows, maka Visual Basic .Net merupakan pilihan yang tepat. Sedangkan jika kamu kepingin membuat aplikasi yang bisa berjalan di atas smartphone, ponsel, Web, dan berbagai sistem operasi, Java adalah pilihan bahasa yang paling tepat.

Keahlian lainnya yang perlu dimiliki oleh seorang programmer adalah menguasai konsep Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD). Kedua hal ini penting karena pemrograman menuntut kerja yang sistematis, apalagi jika kamu membuat perangkat lunak aplikasi yang banyak berhubungan dengan database seperti software untuk sistem Human Resources (HR) atau SDM, Customer Relationship Management (CRM), Supply Chain Management (SCM), atau aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yang kompleks.

Macam-macam Sertifikasi 

Agar lebih mantap dalam berkarier sebagai programmer, sebaiknya kamu mengambil beberapa sertifikasi internasional. Kebanyakan sertifikasi untuk programmer ini dikeluarkan oleh vendor TI seperti Microsoft dan Sun Microsystem. Sekadar informasi, saat ini Sun telah diakuisisi oleh Oracle, raja database dunia. Ini berarti keuntungan bagi Oracle yang akan menambah daftar produk aplikasinya. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Sun - Oracle adalah software yang diproduksinya bisa berjalan di berbagai platform seperti UNIX, Windows, serta LINUX. Oleh karena itu, sertifikasi pemrograman dari Sun layak diambil.

Ingin membuat aplikasi di atas sistem operasi Windows? Microsoft mengeluarkan sertifikasi internasional untuk bidang pemrograman ini. Sebut saja Microsoft Certified Solution Developer (MCSD), Microsoft Certified Application Developer (MCAD), dan Microsoft Certified Professional Developer (MCPD). MCSD ditujukan bagi para programmer yang menggunakan Microsoft .NET.

Framework 1.0 and 1.1 untuk membangun suatu aplikasi. Sedangkan MCAD diperuntukkan bagi programmer yang membangun aplikasi menggunakan Web Services Microsoft .NET Framework 1.0 and 1.1.

Jika kamu menggunakan teknologi Microsoft .NET Framework 2.0 atau 3.5 dan Microsoft Visual Studio 2005 atau 2008? Silakan mengambil sertifikasi Microsoft Certified Professional Developer (MCPD). Selain itu, ada pula sertifikasi Microsoft Certified Technology Specialist (MCTS) untuk aplikasi Windows atau Web. 

Sun juga mengeluarkan berbagai jenis sertifikasi untuk bahasa pemrograman Java. Bagi para pemula yang baru belajar, cobalah mengambil sertifikasi Sun Certified Java Associate (SCJA). Jika sudah lebih mahir, kamu bisa melanjutkannya dengan mengambil sertifikasi Sun Certified Java Programmer (SCJP).

Buat para programmer yang sudah mencapai taraf master, sertifikasi Sun Certified Java Developer (SCJD), Sun Certified Web Component Developer (SCWCD), Sun Certified Business Component Developer (SCBCD), Sun Certified Developer For Java Web Services (SCDJWS), dan Sun Certified Mobile Application Developer (SCMAD) bisa ditengok.

Tingkat tertinggi untuk sertifikasi Java di atas level master adalah Sun Certified Enterprise Architect (SCEA).

Semoga bermanfaat...


Gabung Bersama Popcash
RANDOM POSTSLainnya...

    0 comments: