JADI PROGRAMMER FREELANCE KAYA, SIAPA TAKUT!

JADI PROGRAMMER FREELANCE KAYA, SIAPA TAKUT!

Istilah freelance pasti sudah sering kamu dengar. Bagaimana jika kamu menjadi freelance programmer yang kaya?



Setelah di postingan sebelumnya membahas TIPS MENJADI PROGRAMER MANDIRI, maka di postingan ini akan menyajikan bahasan tentang Programmer Freelance

Sudah ada sejak abad pertengahan, tepatnya lahir di Inggris, “free lance” adalah julukan bagi tentara bayaran yang kerap membawa “lance” alias tombak panjang sebagai perlengkapan. Mereka bebas bekerja untuk siapa saja yang bisa membayar mereka dengan tarif tertinggi.

Bagi perusahaan modern, mempekerjakan seorang freelance dianggap sangat menguntungkan karena mereka tidak perlu membayar biaya ekstra seperti asuransi dan pajak. Pun mereka tidak mesti menyediakan tempat bagi si freelancer karena ia bisa melakukannya di rumah.

Tidak wajib hadir di kantor memang merupakan salah satu keuntungan terbesar freelancermengingat kemacetan yang tak pernah ada habisnya. Selain itu, freelancer bisa mengerjakan proyek dari beberapa perusahaan sekaligus jika mau. Jadi jangan heran kalau pendapatan freelancer bisa jauh lebih gede dibandingkan karyawan biasa.

  • Tidak Perlu Pro
Ada banyak sekali jenis pekerjaan freelance. Sebut saja freelance Web, desain, editor atau jurnalis, fotografer, penerjemah, dan komputer. Kamu nggak perlu jadi seorang profesional berkemampuan tinggi untuk menjalankan profesi ini, tapi konsekuensinya tentu bayaranmu juga tidak akan semenarik mereka yang ahli. Eh, jangan patah arang dulu, karena kamu bisa mulai dari pekerjaan freelance yang mudah untuk meningkatkan kemampuanmu.

Tertarik menjadi freelancer di bidang komputer, khususnya programming? Ketahui dulu apa saja yang biasa mereka kerjakan. Seorang freelance programmer bertugas menerjemahkan perintah ke dalam bahasa yang dimengerti komputer, atau dikenal sebagai kode. Sekali si kode diketikkan dan dibaca oleh komputer, hasilnya kemudian ditayangkan untuk dilihat oleh siapapun. Nah, supaya proses ini bisa berjalan, freelance programmer mesti menulis sebuah program, mengujinya beberapa kali, dan memeliharanya setelah si program aktif dan berjalan.

  • Prospek Cerah
Kenapa profesi freelance menarik bagi programmer? Karena berarti mereka bisa bekerja tidak hanya untuk satu perusahaan di suatu kantor. Mereka dapat bekerja dari rumah dan mengabdi untuk beberapa perusahaan dalam satu waktu. Pun kehidupan freelance menawarkan fleksibilitas jadwal kerja dan tarif per jam yang lebih tinggi.

Internet telah memainkan peranan yang penting di kehidupan semua orang, sehingga pemrograman juga menjadi krusial sekaligus kompleks. Dengan terus bertambahnya pengguna Internet, berarti semakin banyak program harus ditulis, semakin banyak website yang mesti dibangun, dan semakin banyak aplikasi yang dibutuhkan. Sementara itu, perusahaan harus berusaha untuk menghemat pengeluaran sebisa mungkin sembari terus mendorong eksistensinya di dunia maya. Karena itu, masa depan profesi pemrograman freelance sangatlah cerah.

Nah, tips-tips berikut ini akan berguna untuk memulai karier di kancah tersebut.

1. Kunjungi forum webmaster

Forum-forum webmaster adalah situs Web interaktif yang meng-host banyak pemilik website berbeda yang membutuhkan programmer komputer. Untuk menggaet pekerjaan freelance di forum tersebut, berinteraksilah dan sebarkan pengetahuanmu di subjek yang sedang dibicarakan dan lamarlah lowongan programming komputer freelance apapun yang di-posting di sana.

2. Jelajahi iklan di Internet

Dunia maya merupakan sumber iklan untuk pekerjaan pemrograman komputer freelanceDaftarkan dirimu di RSS feed untuk semua situs besar dan rajin-rajinlah memonitor iklan-iklan yang menawarkan pekerjaan yang tepat buat kamu.

3. Pandai-pandailah menjual diri

Ingat, klien potensial bisa ada di mana saja. Kamu bisa menghubungi mereka via telepon, bertemu langsung di acara networking lokal, atau pasang iklan di koran atau website yang kamu tahu klien targetmu pasti akan melihatnya. Pastikan kamu siap memamerkan kemampuanmu ke mereka dan sudah punya ide-ide yang akan dibicarakan sehingga terlihat cukup berpengalaman.

4. Miliki skill yang sedang populer

Jika kamu mempunyai kemampuan yang saat ini sedang dibutuhkan banyak orang, pastinya kamu akan lebih sering di gaet klien. Untuk freelance programmer, minimal kamu mesti tahu tiga bahasa pemrograman dan tiga atau lebih bahasa markup dan scripting. Contoh: ASP.NETC#, VISUAL BASIC.NET, dan SQL SERVER. Yang lainnya adalah PHP, MYSQL, HTML, XHTML, dan CSS. Pun kamu mesti rajin mempelajari program baru dan tahu cara mengoperasikan program software desain grafis, animasi, dan industri tingkat lanjut.

5. Asah pengetahuan dan keahlian

Sebagai seorang freelance programmer, tentu pihak klien akan menganggap kamu sebagai seorang konsultan dan pakar. Jadi kamu harus sanggup menjawab berbagai pertanyaan pintar/sulit yang dapat muncul selama proyek berlangsung. Rajin-rajinlah mengunjungi forum dan komunitas online untuk mempelajari hal-hal baru. Keahlian teknis yang kuat akan terbayar nanti melalui rekomendasi dan testimoni mantan klien kamu.

Fakta menarik, dari semua freelancer di seluruh dunia, hanya 10-20% di antaranya adalah programmer. Jadi ingatlah bahwa profesi ini tidak hanya banyak dibutuhkan tapi pelakunya juga tidak banyak. Memang ada tipe lain dari freelance komputer seperti pengisi data, freelance desain Web, pelengkap survei, penulis artikel, dan penguji software baru, websiteatau game. Tapi mereka semua tidak dibayar setinggi programmer karena kemampuan tambahan yang dibutuhkan memang tidak sebanyak profesi yang satu ini.

  • Kategori Programmer
Meskipun freelance programmer yang sangat sukses lazim bisa melakukan banyak hal, umumnya programmer terbagi menjadi dua kategori. Yang pertama adalah programmer aplikasi yang kerjanya menulis, menguji, dan memelihara program untuk software spesifik. Banyak programmer yang masuk dalam kategori ini.

Jenis programmer kedua yang lebih tidak populer adalah programmer sistem yang bertugas menulis program untuk seluruh sistem komputer—biasanya termasuk database besar atau sistem yang berada dalam satu jaringan.


Semoga bermanfaat..


Gabung Bersama Popcash
RANDOM POSTSLainnya...

    1 comments: