MENGENAL FUNGSI DMOZ

MENGENAL FUNGSI DMOZ

Mendapat kunjungan trafik yang signifikan merupakan impian semua Webmaster. Apakah DMOZ bisa menjembatani mimpi tersebut?

Secara umum semua orang yang memiliki website dan khususnya para blogger pasti ingin mempunyai pengunjung yang banyak, semua cara dilakukan untuk mendapatkan pengunjung yang banyak itu. Salah satunya adalah dengan submit url blog ke googleyahoo, ataupun bing. Namun, banyak yang tidak tahu dari semua itu, sebenarnya ada BIG BOSS di balik ketiga direktori tersebut, yaitu DMOZ 

Apa itu DMOZ?
DMOZ (Directory Mozilla Project), atau yang sering dikenal sebagai ODP (Open Project Directory) adalah kumpulan direktori tentang websites dan webpages yang besar dan terkategori, dimana dikelola oleh sukarelawan. Setiap websites dan webpage yang dimasukkan ke dalam direktori harus secara manual sudah direview sebelum dimasukkan. Untuk mendaftar ke dalam direktori ini tidak dipungut biaya/gratis.

Banyak search engine yang merujuk pada DMOZ, antara lain Alexa, Yahoo, AOL, Lycos, Teoma, Hotbot dan yang lain. Bahkan Google pun yang merupakan search engine terbesar di jagat raya telah sukses membuat Google directory di DMOZ ini.

Bagaimana Cara Penilaian DMOZ Terhadap Suatu Website/Blog?

Silahkan anda baca kutipan dari pernyataan dmoz di bawah ini:
An ODP editor will review your submission to determine whether to include it in the directory. Depending on factors such as the volume of submissions to the particular category, it may take several weeks or more before your submission is reviewed. Please only submit a URL to the Open Directory once. Again, multiple submissions of the same or related sites may result in the exclusion and/or deletion of those and all affiliated sites.
Inti dari kutipan di atas adalah bahwa seorang karyawan dari dmoz akan langsung melakukan review atas pengajuan anda untuk diterima ataukah tidak. Jadi, disini sangat jelas bahwa yang melakukan review adalah seorang manusia, bukan robot.
Seberapa Pentingkah DMOZ Bagi Sebuah Website?

DMOZ

Sangat beruntung sekali jika website anda berhasil terdaftar dalam kategori dmoz, karena tidak semua website dapat masuk ke dalam direktori dmoz ini. Dengan terdaftarnya website anda pada directory dmoz, berarti anda harus bersyukur karena ladang traffic pun akan segera menghampiri website anda.

Peningkatan secara cepat dan drastis mungkin masih abstrak, karena itu tergantung bagaimana blog/situs anda sendiri. Tapi secara logika, blog atau situs yang terdaftar kedalam naungan DMOZ mengalami peningkatan traffic karena blog/site akan muncul pada setiap direktori search engine terkenal. Karena setiap anda posting artikel, artikel anda akan lebih cepat masuk ke dalam jajaran  search engine google. Dari situlah traffic akan muncul dengan sendirinya.
Bagaimana Cara Mendaftarkan Blog / Website ke DMOZ?

Untuk mendaftarkan situs kita ke DMOZ, berikut langkah-langkahnya:
  1. Masuk ke alamat web-nya di www.dmoz.org
  2. Pilih kategori yang sesuai dengan tema web/blog anda.tips dan trik blogger
  3. Setelah anda memilih kategori, anda pilih sub kategori yang sesuai dengan blog anda. Pilih terus sub kategori yang ada sampai pol, alias tidak ada sub kategori lagi yang bisa dipilih.tips dan trik blogger
  4. Setelah anda selesai memilih sub kategori sampai yang paling akhir, anda klik suggest URL pada menu bagian atas.tips dan trik blogger
  5. Setelah itu anda akan masuk pada menu deskripsi blog. Masukkan data-data blog anda sesuai yang diminta. Ingat deskripsi blog harus sesuai dengan tema blog anda. Dan kategori yang dipilih juga harus benar-benar relevan.
  6. Jika semua tahapan sudah anda lakukan, selesai sudah proses pendaftaran blog anda di DMOZ.
Sekarang anda tinggal berdoa saja, mudah-mudahan blog anda bisa diterima. Waktu review tidak bisa ditentukan. Bisa memakan waktu sampai 6 bulan. 

Semoga bermanfaat ya infonya..


Gabung Bersama Popcash
RANDOM POSTSLainnya...

    10 comments:

    avatar

    ane coba gan !
    smoga makin banyak visitor nya yah :D

    salam kenal, follow saya, saya follow

    avatar

    wah, lebih besar ternyata DMOZ yah dibanding yg lainnya hmmm

    avatar

    Ane udah tau sih, tapi masih bingung, skrng udah ngak bingung karna dikasih tau caranya, makasih ya sob

    avatar

    lama juga ya 6 bulan, mungkin karena terlalu banyak website yang masuk...

    avatar

    ko saya gabisa gan ???

    avatar

    @Febriansyah Haq (Just Copy and Leave It!!!): Salam kenal juga sob..Tetep semangat ya!

    avatar

    salah satu blog saya sudah saya daftarkan sejak tahun lalu tapi tidak terapprove
    kira2 apa ada kriteria khusus mas untuk bisa diterima di dmoz.org ??
    terima kasih

    avatar

    @Jefry: Wah ane juga tidak tau persis alasannya ketika blog sobat tidak diterima, yang pastinya wewenang untuk menolak dan menerimanya tergantung otoritas DMOZ juga..

    avatar

    Tips supaya bisa di terima submit di DMOZ :

    1. Jangan pasang iklan dan Affiliate program pada website Anda, termasuk Google Adsense. Anda bisa memasang iklan setelah diterima di DMOZ.

    2. Buatlah content website Anda sebagus mungkin. Jangan submit website yang baru jadi dan isinya masih minim. Sebelum submit ke DMOZ isi website Anda dengan artikel-artikel berkualitas dan original untuk meningkatkan kualitas website Anda.

    3. Fokuskan bahasa. Jika nantinya website Anda menggunkan bahasa campuran Indonesia dan Inggris, saya sarankan foukuskan ke satu bahasa dulu. Dengan memfokuskan ke satu bahasa akan memudahkan Anda dan editor DMOZ memasukan website Anda ke direktori Indonesia atau Inggris.

    Perlu diingat meskipun saat submit Anda memilih kategori berbahasa Inggris, editor DMOZ kwmungkinan akan memindahkan website Anda ke direktori Indonesia jika website Anda berbahsa Indonesia.

    avatar

    makasi bro infonya..