CARA AMPUH MEMILIH DAN UPGRADE VGA

CARA AMPUH MEMILIH DAN UPGRADE VGA

TIPS MEMILIH VGA | BAGAIMANA MEMILIH VGA YANG SESUAI


Buat anda yang hobi game, desainer grafis ataupun video editor tentu akan sangat membutuhkan VGA card yang mumpuni agar kerja yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar dan optimal. Tetapi sebelum anda memilih dan upgrade VGA card, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut hal-hal yang harus anda perhatikan ketika memilih dan upgrade VGA:

  • Besarnya resolusi monitor. Disini max resolution display harus sinkron dengan max resolution VGA card yang akan dipasang.
  • Power supply. Pastikan PSU anda mempunyai daya yang cukup untuk menyuplai arus ke VGA card. Sebaiknya gunakan yang pure agar arus yang masuk ke VGA stabil.
  • Pastikan jenis port yang bisa support dengan monitor anda. Ada beberapa port yaitu D-Sub, DVI dan HDMI. Jangan sampai anda beli VGA yang port-nya tidak sesuai dengan monitor, karena anda akan direpotkan jika hal itu terjadi.
Selanjutnya ada tiga hal mendasar yang harus dicermati dalam memilih VGA. Tiga hal tersebut adalah:
  • BIT
Artinya Lebar Jalur Data. Untuk  VGA sekarang dimulai dari 64bit sampai 512bit bahkan lebih. Semakin lebar jalur data maka tentu saja makin kencang data mengalir yang diproses.
  • Memory clock
Yaitu menunjukan kecepatan memori VGA. Biasanya dalam ukuran MHz. Semakin besar angkanya makin semakin tinggi pula kecepatannya.
  • Kapasitas memori
Satuannya Mb atau Gb. Makin besar resolusi display atau monitor anda maka diperlukan kapasitas memori yang semakin besar pula.

Ada baiknya sebelum anda pergi ke toko komputer untuk membeli VGA, anda bisa kunjungi situs-situs online mencari spesifikasi VGA agar sesuai dengan keinginan dan budget yang tersedia. 

Sebagai tambahan ketika memilih, VGA dengan chip ATI unggul dibagian pengolahan gambar sedangkan nVIDIA unggul dibagian editing video dan lebih kompatibel untuk game karena mayoritas developer banyak digandeng dan bekerjasama dengan nVIDIA dalam pengembangan atau produksi game.

Semoga bermanfaat..


Gabung Bersama Popcash
RANDOM POSTSLainnya...

    0 comments: