Ragam Cara Ampuh untuk Merawat Laptop Kesayangan

PANDUAN MERAWAT LAPTOP | TIPS MUDAH MERAWAT NOTEBOOK


Dewasa ini Netbook maupun Notebook (lebih dikenal dengan sebutan laptop) sudah menjadi gadget yang sangat populer dikalangan banyak orang dalam menjalani aktifitas mobile mereka. Penggunaannya pun sangat beragam, mulai dari sekedar alat untuk menemani aktifitas belajar, ajang menikmati hiburan ataupun kebutuhan untuk menyelesaikan pekerjaan bagi para pekerja yang dituntut mobilitas yang tinggi dan banyak lagi untuk kepentingan dan aktifitas lainnya.

Namun dari sekian banyak pemilik laptop, mereka tidak semuanya aware atau menyadari pentingnya perawatan laptop secara baik dan benar yang akhirnya jika perawatannya asal-asalan atau bahkan tidak dirawat sama sekali akan menimbulkan kerusakan dan akhirnya laptop tidak bisa dioptimalkan sebagaimana mestinya.

Dibawah ini merupakan ragam Cara atau Tips untuk Merawat Laptop Anda:

Cara Membersihkan Keyboard 
Keyboard laptop gampang sekali kotor, entah karena jari tangan yang berminyak, abu rokok, remah-remah roti, atau debu. Untuk cara membersihkannya, ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol keyboard dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Lebih bagus lagi gunakan proteksi pelindung keyboard untuk mencegah kotoran.

Cara Mengelap Layar 
Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras.

Hindari Panas Matahari 
Jangan meninggalkan laptop didalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan didalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen laptop.

Hindari Goresan 
Amankan benda-benda tajam dari sekitar laptop. Taruh lapisan pelindung di atas keyboard sebelum sobat menutup case, agar layar tak tergores. Apabila Anda hendak bepergian, masukkan laptop pada wadah/ tas yang telah tersedia.

Buatlah Case Laptop Menjadi Cemerlang 
Tangan yang kotor dan berminyak adalah salah satu penyebab case tidak lagi mengkilat. Pakai deterjen non-zat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk piranti elektroniknya, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.

Cara Menyimpan Laptop 
Bila Anda akan menyimpan laptop dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara yang cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, charge baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

Hindari Medan Magnet 
Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan meletakkan piranti yang mengandung medan magnet/ elektromagnet kuat disekitar laptop. Piranti-piranti penghasil medan magnet, misalnya speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya sobat ingin mengakses internet menggunakan fasilitas pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari laptop.

Jangan Menggunakan Laptop di Atas Tempat Tidur 
Laptop memiliki sirkulasi pertukan udara diberbagai bagian badannya. Sebagian ada yang berada di bagian bawah. Ketika kita meletakkan di alas yang lembut (seperti tempat tidur, sofa dan sebagainya), maka bagian sirkulasi bawah akan tersumbat. Tentu saja ini tidak baik untuk kelangsungan kinerja laptop ketika sedang berjalan maupun umur laptop Anda.

Berikut tips penting lainnya: 
  • Mengunakan laptop harus tempat yang permukaan datar. 
  • Jauhkan dari benda cair. 
  • Jangan menaruh laptop dipangkuan dalam waktu lama. 
  • Hindari dari goncangan disaat membawanya. 
  • Selesai menggunakan laptop jangan langsung ditutup biarkan 10 menit baru ditutup. 
  • Gunakan charger yang sama watt dan voltase-nya. 
  • Hindarkan pengecasan disaat menggunakan laptop karna ini mengakibatkan battery-nya cepat lemah. 
  • Gunakan software sesuai dengan kapasitas laptop dan gunakan anti virus yang terpercaya dan ringan. 
  • Defrag-lah laptop Anda minimal setiap 1 bulan sekali, ini untuk mengatasi dan memperbaiki hardware yang error. 
Beberapa Tips agar LCD Laptop awet:
  • Gunakan laptop sebijaksana mungkin, jangan menggunakan laptop 3 jam berturut-turut, matikan sekitar 10 menit, terus bisa lanjut lagi. Bisa menggunakan lebih lama tapi gunakan coolingpad yang berkualitas/ coolingpad yang menggunakan sumber power/ adaptor sendiri. 
  • Gunakan setting contras/ brightness pada LCD yang sedang. 
  • Setting LCD time off ketika laptop tidak digunakan. 
  • Rawatlah LCD dengan baik karena LCD merupakan 40% aset dari laptop. 
  • Buka tutup LCD dengan memegangnya dari kedua sisi kanan kirinya, bukan dari atasnya, karena dibagian atas ada blok yang rentan rusak. 
Demikianlah cara atau tips-tips untuk merawat laptop Anda dengan baik dan benar yang bisa di-share. Mudah-mudahan Laptop atau Netbook yang Anda miliki senantiasa awet dan bermanfaat.

1 Response to "Ragam Cara Ampuh untuk Merawat Laptop Kesayangan"

Zafir said...

Thanks for sharing. Perlu diterapkan ini agar laptop tetap awet, karena biasanya kalau sudah di depan laptop cukup sulit memberikan jeda waktu untuk beristirahat dan kadang masih menaruh di sembarang tempat kayak di atas kasur. Update terus informasi bermanfaatnya, Min.

Btw, yuk mampir juga di website kampusku walisongo.ac.id thank you 😀

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel