MENGENAL TEKNOLOGI MODEM CDMA

MENGENAL TEKNOLOGI MODEM CDMA

SERBA-SERBI MODEM CDMA | MODEL CDMA 1X, REV A, REV B DAN HYBRID



Informasi ini berguna buat Anda yang membutuhkan informasi penjelas tentang jaringan yang berhubungan dengan modem CDMA. Silahkan disimak informasinya dan semoga memberi manfaat..

MODEL JARINGAN CDMA 1X

Mode jaringan ini merupakan mode standard akses jaringan internet yang disediakan oleh operator CDMA, dan pasti disediakan diseluruh daerah yang dijangkau. Dalam hal kecepatan internet, CDMA 1X ini berada pada kecepatan akses data yang disebut GPRS. GPRS sendiri adalah kependekan dari General Packet Radio Service, yaitu merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan nirkabel. GPRS merupakan teknologi pengganti yang lebih cepat, daripada teknologi sebelumnya yaitu Circuit Switch Data atau CSD.

Sistem GPRS ini digunakan untuk mendukung perangkat seluler agar dapat melakukan transfer data seperti e-mail, data yang berupa gambar (MMS), serta akses WWW atau internet. Hasilnya, GPRS seperti yang kita kenal adalah sama dengan apa yang disebut dengan teknologi 2,5G.

Kecepatan data yang ditawarkan oleh GPRS rata-rata maksimalnya hingga 153 kbps. Dengan kecepatan seperti ini, tentu saja sangat lemot jika digunakan untuk mengakses situs jaman sekarang. Saat ini teknologi browser sudah semakin variatif, sehingga desain-desain situs masa kini harus mengikuti. Lalu apa hubungannya? Semakin halaman situs bervariasi dan memiliki antarmuka yang semakin interaktif, maka data yang dikirimkan juga akan semakin besar. Untuk itu, teknologi akses jaringan juga harus mengikutinya.

Kelebihan mode CDMA 1x, adalah modem masih bisa dilakukan untuk melakukan komunikasi lain, yaitu telepon dan SMS, selain akses internet. Tentu saja, karena ini adalah mode penggabungan GPRS dan telepon seluler.

MODEL JARINGAN EVDO

Teknologi EVDO yang merupakan kependekan dari Evolution Data Optimized atau Evolution Data Only ialah standar pada wireles broadband berkecepatan tinggi. Saat ini s*******n yang merupakan salah satu operator telekomunikasi di Indonesia dengan menggunakan basis jaringan CDMA telah mengaplikasikan teknologi EVDO dalam layanannya untuk bagian data.

EVDO adalah teknologi terbaru yang diberikan oleh operator jaringan CDMA yang menjanjikan kecepatan yang kisarannya rata-rata sama dengan jaringan 3G atau HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) pada jaringan operator GSM. Kecepatan akses yang djanjikan oleh teknologi EVDO ini oleh beberapa operator selular adalah hingga bisa mencampai 3.1 Mbps!. Benarkah demikian?! Belum tentu, karena pada kenyataannya EVDO masih seringkali bisa dikatakan lelet, atau sangat jauh dari kecepatan 3.1 Mbps.

Apa sebab?

EVDO adalah teknologi akses yang terbatas hanya dari BTS dan perangkat modem Anda, dan memang lebih baik dari teknologi CDMA 1x. Namun tak hanya itu saja yang dibutuhkan agar kita bisa mengakses internet dengan cepat. Masih ada faktor lain yang menentukan kecepatan, yaitu kepadatan trafik jaringan ISP, kepadatan trafik internet, kondisi BTS, spesifikasi modem dan bandwidth server. Itulah kenapa. Kadang signal EVDO bagus, namun kecepatan internet rendah.

Jika Anda mengaktifkan mode EVDO, maka modem Anda tak akan bisa digunakan untuk melakukan panggilan telefon, dipanggil telefon, SMS atau menerima SMS. Karena ini adalah khusus untuk akses data.

Teknologi EVDO yang pertama kali dipakai ialah EVDO Rev A dengan kecepatan up to 3,1 Mbps, kemudian muncul teknologi EVDO Rev B fase 1 yang bisa digunakan dengan kecepatan up to 9,3 Mbps dan saat ini telah muncul teknologi EVDO Rev B fase 2 yang dapat mencapai kecepatan up to 14,7 Mbps.

Nah, karena teknologi EVDO Rev B memiliki perbedaan kecepatan dengan EVDO Rev A, maka di butuhkan juga perangkat modem yang berbeda dengan EVDO Rev A. 

Menurut perkembangannya, EVDO sudah ada 3 jenis generasi:
  • EVDO Rev 0 (bacanya ZERO yah). Jaringan broadband yang dapat memberikan kecepatan data puncak melampaui 2 Mbps dalam lingkungan mobile.
  • EVDO Rev A. merupakan evolusi dari versi Rev 0 yg memiliki kecepatan download 3,1 Mbps dan upload 1,8 Mbps
  • EVDO Rev B merupakan langkah evolusi Rev A yang terdiri dari upgrade software yang menggabungkan beberapa EV-DO Rev A channel untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi untuk pengiriman multimedia, bi-directional pengiriman data dan VoIP berbasis layanan bersamaan seperti VoIP, push-to-talk, video telephony, suara dan multimedia secara simultan, dan multiplayer online game. 
MODEL JARINGAN HYBRID

Ini adalah mode atau fitur yang ditawarkan oleh perangkat modem CDMA, terlepas dari teknologi CDMA 1x dan EVDO. Hal ini bertujuan sebagai SWITCH otomatis, yaitu perpindahan antara mode EVDO dan Mode CDMA 1x. Maksudnya jika signal EVDO itu mungkin tak selalu tersedia, kadang ada dan kadang menghilang. Jika Anda mengaktifkan mode Hybrid, maka perpindahan antara mode EVDO dan CDMA 1x akan berlangsung secara otomatis. Perangkat modem Anda akan terus mendeteksi keberadaan signal EVDO, jika signal EVDO tersedia, maka ia akan melakukan switching dengan sendirinya.

Kelebihannya adalah, kemungkinan akses terputus secara tiba-tiba sangat kecil, serta modem masih bisa digunakan untuk telepon dan SMS melalui PC. Kekurangannya, perangkat modem akan selalu bekerja lebih keras untuk mendeteksi keberadaan signal EVDO. Hal ini bisa berpengaruh terhadap umur modem. Gunakan pilihan ini jika signal EVDO ditempat Anda seringkali timbul tenggelam. Atau justru lebih baik tak menggunakan Mode hybrid, melainkan hanya mode CDMA 1X, agar modem bisa lebih awet.


Gabung Bersama Popcash
RANDOM POSTSLainnya...

    0 comments: