CERDAS DALAM BERINTERNET

CERDAS DALAM BERINTERNET

Dewasa ini internet bukan lagi menjadi lifestyle, tapi hampir menjadi kebutuhan manusia untuk mencari informasi juga untuk berinteraksi. Namun kehati-hatian sangatlah diperlukan untuk mengaksesnya sebab aktivitas berinternet terkadang membuat penggunanya sendiri menjadi terganggu disebabkan ketidakbijakan dalam penggunaannya. 

Akibatnya, bisa dibayangkan ketika tagihan bulanan membengkak atau pulsa modem menjadi cepat habis. Atau masalah lain pun datang dari dalam komputer sendiri seperti adanya virus dan lambatnya koneksi.

Agar terhindar dari masalah tersebut, beberapa tips berinternet berikut mudah-mudahan bisa bermanfaat.

  • Mengakses suatu web page dalam waktu yang lama tidak berakibat besar terhadap jumlah pemakaian kuota, selama tidak mengakses tautan atau fasilitas web yang ada dalam laman tersebut.
  • Hindari mengakses banyak tautan content web yang tidak perlu karena setiap tautan yang diakses akan melakukan pengunduhan dan penggugahan data yang nantinya akan dijadikan sebagai dasar perhitungan biaya penggunaan.
  • Hindari mengakses situs-situs yang banyak terdapat pop-up  massage/ halaman web ikutan/ tautan cabang misalnya kuis, iklan, survei, dan lain sebagainya.
  • Pasang antivirus dan anti-spyware untuk mementalkan virus dan menu-menu pop-up (misalnya: McAfee Antyspyware). Gunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia pada aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan.
  • Lakukan setting untuk keamanan pada komputer melalui menu control panel lalu aturlah supaya booting komputer menjadi cepat.
  • Rahasiakan username dan password dari orang lain dan gunakan password yang anti tembus.
  • Lakukan pengunduhan file aplikasi atau file-file yang diinginkan pada waktu yang tepat, sehingga tidak perlu membatalkan proses pengunduhan, untuk kemudian mengulang proses pengunduhan tersebut.
  • Bacalah artikel-artikel di majalah-majalah yang terkait dengan penggunaan internet, sehingga dapat memperkaya wawasan tentang dunia internet. Hal ini membuat kita semakin kaya informasi dan cerdas dalam menggunakan akses internet.
  • Bijaksanalah dan hindari situs-situs yang tidak bermanfaat. Apa lagi jika menggunakan PC atau laptop untuk keluarga. Lindungi situs-situs yang tidak berguna. Ajari anak-anak Anda untuk menggunakan internet dengan bijak dan bermanfaat termasuk memperkenalkan dengan situs yang aman untuk anak serta menggunakan browser yang memang di peruntukkan untuk mereka .
Mudah-mudahan baberapa tips diatas bisa menjadi alternatif masukan buat anda. So, selamat berselancar dengan aman.

Semoga bermanfaat...


Gabung Bersama Popcash
RANDOM POSTSLainnya...

    2 comments:

    avatar

    Supporting your site for real do the same.

    avatar

    wiiiihh mantap nih sob postinganya,, yup kita mesti bisa menggunakan internet secara bijaksana,, dengan cara yang cerdas d^^